jelajahhutan.com

Let's the journey begin!

Baca Juga

Air terjun Donok, di Desa Batu Ampar Kecamatan Merigi Kabupaten Kepahiang. Dok jelajahutan
BENGKULU - Bengkulu, satu dari 34 provinsi di Indonesia. Di provinsi berjuluk ''Bumi Rafflesia'' ini memiliki potensi alam yang patut disambangi. Tak kalah indah. Air terjun, misalnya. Destinasi satu ini berada di hutan belantara Bengkulu. Kabupaten Kepahiang, tepatnya.

Kepahiang, merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Bengkulu. Daerah ini bukan hanya memiliki potensi objek agro wisata perkebunan teh Kabawetan, kawasan tumbuhnya bunga Rafflesia Arnoldii. Wilayah ini juga memiliki potensi alam nan indah yang dapat memanjakan mata.

Air terjun Donok, Batu Ampar, namanya. Air terjun dengan ketinggian sekira 25 meter ini memiliki keistimewaan tersendiri. Berupa empat aliran air terjun kecil. Indah dan mempesona. Belum lagi, air yang jatuh disertai percikan embun saat berada di sekitar lokasi air terjun, bikin traveler jadi betah berlama-lama. Sejuk dan dingin.

Pemandangan yang bikin berdercak kagum atas keindahan ciptaan Sang Pencipta itu, dapat dinikmati seutuhnya pelancong. Dengan melalui medan cukup menantang, curam, berbukit serta menanjak dan menurun. Hal tersebut akan terbalas ketika pelancong tiba di air yang bersumber dari aliran sungai Donok. Taman wisata alam (TWA) Bukit Hitam dan Bukit Kaba, tepatnya.

Air Terjun Donok. Dok jelajahhutan
Di perjalanan pun wisatawan bakal disuguhi anak sungai. Tidak terlalu besar. Dingin, airnya. Nyanyian suara hewan bersayap pun terdengar saling sahut menyaut. Dari kejauhan terlihat pepohonan menjulang tinggi. Berbagai tanaman hutan tumbuh di kawasan ini. Termasuk, pohon berdiameter satu hingga dua meter. Bahkan, lebih.

Di sepanjang jalan menuju air terjun yang bersumber dari aliran sungai TWA Bukit Hitam dan Bukit Kaba itu juga terdapat batu berukuran besar dan pohon tumbang. Di lembah, tepatnya. Berjarak sekira 25 meter, dari air terjun. Dari sini gemericik suara air jatuh mulai terdengar.

Embun air dari kolam air terjun berterbangan di hembus angin. Menempel di dedaunan pohon dan lumut di tebing batu cadas di sisi kiri dan kanan yang menghapit air terjun. Di sekitar air terjun, pohon menjulang tinggi. Berukuran kecil, sedang hingga besar. Berbagai jenis pohon.

Bahkan, di sisi kiri air terjun terdapat sebuah lobang mirip goa. Sementara kolam air terjun berdiameter sekira 15 meter. Kedalaman air tidak begitu dalam. Percikan embun dari air terjun yang tersentuh kulit bikin adem. Air-nya pun dingin.

Tak cukup rasanya beberapa menit menikmati suasana destinasi tersembunyi di hutan Belantara Kabupaten Kepahiang, Bengkulu, ini. Suasana asri dan alami membuat setiap pelancong akan betah berlama-lama di kawasan air terjun. Tidak itu saja. Moment mendokumentasikan air terjun, dengan mata kamera digital dan smartphone, tidak mau ketinggalan.

Pesona alam satu ini dapat menghilangkan rasa penat atas rutinitas kantor selama satu pekan. Destinasi tersembunyi ini dapat dinikmati, dengan menyambangi desa Batu Ampar Kecamatan Merigi, sekira satu kilometer (KM) dari pusat desa. Berjarak sekira 21 km dari pusat pemerintah kabupaten (KM) Kepahiang, persisnya.

Berjarak sekira 78 km dari Kota Bengkulu, destinasi air terjun Donok, dapat dinikmati dengan menempuh perjalanan darat. Baik kendaraan roda empat maupun roda dua, tidak kurang dari 2,5 jam, dari Kota Bengkulu. Sementara, dari rumah perangkat desa memakan waktu tidak lebih dari 45 menit. Di tempuh dengan jalan kaki.

''Destinasi air terjun ini salah satu objek wisata andalan desa Batu Ampar,'' kata Harwan Iskandar, Sabtu 29 Desember 2018.

Jalan menuju ke air terjun Donok. Dok jelajahhutan


No comments:

Post a Comment