Petualangan Seru di Langit ''Kampuang Sakti Rantau Batuah''

Pembukaan rute penerbangan Bengkulu-Mukomuko. Foto jelajahhutan
BENGKULU - Bengkulu, salah satu provinsi di Indonesia. Provinsi berjuluk ''Bumi Rafflesia'' ini memiliki berbagai potensi wisata alam, wisata sejarah, kuliner, dan sosial budaya. Potensi alam di Kabupaten Mukomuko, misalnya. Kabupaten yang dikenal dengan ''Kampuang Sakti Rantau Batuah'' ini menyimpan beragam destinasi alam yang patut untuk disambangi.

Danau Nibung, Pantai Batung Badoro dan Pantai Indah Air Dikit (PIAD), misalnya. Untuk menunjang hal tersebut, saat ini pelancong atau wisatawan domestik dan manaca negara tidak musti melakukan perjalanan darat dengan jarak tempuh 6 hingga 7 jam untuk tiba di kabupaten yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Barat.

Pasalnya, Wings Air, Lion Air Group telah membuka jaringan baru dalam intra wilayah yang menghubungkan Kota Bengkulu dan Mukomuko. Di mana penerbangan tersebut melayani dengan frekuensi penerbangan setiap hari pergi pulang (PP). Bahkan, Wings Air sebagai maskapai satu-satunya yang menerbangi secara regular.

Hari itu, Kamis 25 Oktober 2018, cuaca Kota Bengkulu, cerah berawan. Termasuk di Bandara Fatmawati-Soekarno. Satu persatu petugas bandara memeriksa identitas penumpang dan pemerikaan barang bawaan yang akan melakukan perjalanan menggunakan jasa maskapai, di depan pintu terminal keberangkatan.

Wings Air, pesawat asal Perancis, ATR 72-600
Penumpang jurusan Bengkulu - Jakarta, contohnya. Begitu juga dengan penumpang jurusan Bengkulu - Mukomuko. Dari kejauhan, satu maskapai telah terparkir landasan pacu. Ya, maskapai itu Wings Air, pesawat asal Perancis, ATR 72-600. Maskapai yang melayani Bengkulu - Mukomuko ini memiliki kapasitas 72 seat. Handal dikelasnya.

Dilengkapi interior kabin terbaik. Sehingga cocok dijadikan sebagai pengalaman terbang dengan rute pendek, yang semakin berkesan. Untuk tiba di Bandara Mukomuko, di Desa Bandar Ratu Kecamatan Kota Mukomuko Kabupaten Mukomuko, wisatawan akan menempuh perjalanan tidak kurang dari 30 menit perjalanan. Dengan ketinggian terbang tidak kurang dari 11 ribu kaki.

Dengan ketinggian tersebut, wisatawan dapat melihat secara langsung suasana alam Bengkulu. Pantai, misalnya. Deretan bangunan rumah, aliran sungai, hingga areal perkebunan yang ada disepanjang perjalanan. Hal tersebut sebagai ''bonus'' wisatawan untuk menikmati perjalanan dengan panorama alam nan indah. Cantik. Hal tersebut tentunya sensasi petualangan yang tak terlupakan.

Tiga puluh menit perjalanan, wisatawan atau pelancong akan tiba di Bandara Mukomuko. Dari bandara tersebut, seluruh akses menuju objek wisata, dekat. Danau Nibung, misalnya. Pantai Batung Badoro, contohnya. Serta objek wisata alam lainnya. Bahkan, untuk menuju objek wisata tersebut tidak kurang memakan waktu perjalanan dari 30 menit.

Wings Air, pesawat asal Perancis, ATR 72-600
Operations Director of Wings Air, Capt. Redi Irawan mengungkapkan, ekspansi rute baru merupakan bagian strategis Wings Air dalam mengembangkan jaringan penerbangan domestik, dalam upaya menghubungkan wilayah setingkat kabupaten dengan kota. Selain itu, pengembangan di Bengkulu ini menjadi bagian komitmen Wings Air guna mempermudah mobilitas dan menyediakan akses percepatan distribusi barang ataupun logistik.

'Dari 200 bandara di Indonesia kami sudah membuka layanan penerbangan di 117 bandara di Indonesia,'' kata Redi, Kamis (25/10/2018).

Sementara itu, Bupati Mukomuko, Choirul Huda menyampaikan, dengan adanya layanan penerbangan Wings Air dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Mukomuko. Serta menarik wisatawan untuk menikmati panorama alam yang indah di wilayah ini.

Choirul menyebut, peredaran uang di daerah ini mencapai Rp9 triliun, per tahun. Hal tersebut berdasarkan pengamatan dari bank-bank yang ada di Bengkulu. Tidak hanya itu, sampai Choirul, setiap hari barang-barang pesanan yang masuk ke wilayah ini dari 6 hingga 9 karung. Artinya, dari segi pemesanan barang yang berasal dari luar Mukomuko, sangat banyak.

''Dengan adanya layanan ini setidaknya pertumbuhan ekonomi terus menggeliat. Penerbangan ini bisa mempersatukan wilayah antar daerah. Sebab Mukomuko berbatasan langsung dengan provinsi tetangga (Sumatera Barat,'' kata Choirul.

Ditambahkan Kepala Bandara Mukomuko, Irpansyah Putra Rahman, adanya rute penerbangan Bengkulu - Mukomuko (PP), setiap hari dapat mendongkrak perekonomian di Mukomuko. Bahkan, layanan jasa penerbangan ini lebih mudah dan aman.

''Jauh lebih murah dan aman,'' sampai Ipransyah, dalam sambutannya.



Petualangan Seru di Langit ''Kampuang Sakti Rantau Batuah'' Petualangan Seru di Langit ''Kampuang Sakti Rantau Batuah'' Reviewed by demonfajri okezone on October 25, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.