Ribuan Pendaki Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa di Puncak Bukit Kaba

Gunung Bukit Kaba di Desa Sumber Urip Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. Dok jelajahhutan
BENGKULU - Ribuan pemuda yang tergabung dalam Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), mahasiswa pencinca alam (Mapala) perguruan tinggi swasta (PTS) dan perguruan tinggi negeri (PTN), siswa pencinta alam (Sispala), kelompok pencinta alam (KPA), organisasi kepemudaan (OKP), relawan, masyarakat umum se Provinsi Bengkulu, bakal mengibarkan bendera merah putih terbesar di puncak gunung berapi Bukit Kaba, Desa Sumber Urip Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong, pada 17 Agustus 2018.

Bendara yang berukuran 45 meter x 17 meter itu akan dikibarkan 73 pemuda di puncak gunung dengan ketinggian 1.938 Mdpl. Tepatnya Bukit Gajah, gunung berapi Bukit Kaba. Di mana 73 pemuda itu memiliki makna 73 tahun Republik Indonesia, merdeka. Tidak hanya itu, dalam kegitan yang diinisiasi dewan pimpinan daerah (DPD) KNPI Provinsi Bengkulu ini juga bakal menggelar aksi bersih gunung di atas puncak Bukit Kaba, jalur pendakian hingga ke pintu rimba gunung Bukit Kaba.

''Pengibaran bendera berukuran raksasa ini akan melibatkan 73 pemuda. Itu memiliki arti 73 Tahun Republik Indonesia, merdeka,'' kata ketua DPD KNPI Provinsi Bengkulu, Febri Yudirman, belum lama ini.

Rangkaian kegiatan pengibaran bendera terbesar tersebut, sampai Febri, di mulai dari pendakian bersama 1.000 pemuda, pengibaran bendara merah putih dan aksi bersih gunung. Di mana agenda di mulai sejak tanggal 15 Agustus hingga 17 Agustus 2018.

Pengibaran bendera raksasa dengan melibatkan 73 pemuda, jelas Febri, melibatkan pemuda di 10 kabupaten dan kota di provinsi berjuluk ''Bumi Rafflesia''. Sementara dalam aksi bersih nantinya para pendaki diberikan kantong plastik/karung berukuran besar guna memungut sampah di kawasan puncak gunung, jalur pendakian hingga pintu rimba.

''Seluruh sampah akan dibawa turun ke pintu rimba. Aksi bersih ini juga melibatkan seluruh pendaki,'' jelas Febri.
Gunung Bukit Kaba di Desa Sumber Urip Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. Dok jelajahhutan
Pendakian bersama, sampai Febri, tidak lain untuk meningkatkan rasa persaudaraan sesama pemuda. Selain itu, kata dia, Bengkulu butuh anak muda untuk ikut andil dalam memajukan daerah, dari berbagai sisi. Seperti, sektor pariwisata. Terlebih dalam menyambut visit wonderfull Bengkulu, 2020.

''Kegiatan ini salah satu untuk menyatukan pemuda Bengkulu, khususnya. Bengkulu juga butuh anak muda dalam memajukan daerah,'' imbuh Febri.

Dalam berbagai kegiatan di puncak gunung Bukit Kaba tersebut, jelas Febri, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi (Pemprov) Bengkulu, Korem 041/Garuda Emas Bengkulu, balai konservasi sumber daya alam (BKSDA) Bengkulu, pemerintah kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong serta dinas pariwisata.

''Setidaknya dengan kegiatan ini kalangan pemuda dapat mempromosikan obyek wisata Bukit Kaba yang tak kalah indah untuk dinikmati para penggiat alam bebas. Baik wisatawan asing maupun wisatawan domestik,'' demikian Febri.

Ribuan Pendaki Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa di Puncak Bukit Kaba Ribuan Pendaki Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa di Puncak Bukit Kaba Reviewed by demonfajri okezone on August 15, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.