Serunya Berburu Lokan di Muara Jenggalu Bengkulu

Foto Miko 
BENGKULU - Untuk berburu kerang air payau atau lokan susah-susah gampang. Hewan bercangkang keras menyerupai piring kecil ini bersembunyi di dalam pasir. Sehingga memerlukan ketelitian dan indra peraba.

Seperti kaki dan tangan untuk menjangkaunya di dalam air. Kerang ini muncul ke permukaan pasir lantaran pada kondisi cuaca ekstrim dan dipengaruhi pasang surut air laut.

Salah satu pencari lokan, Yarna mengatakan, sejak setahun terakhir lokan di muara jenggalu Kelurahan Lingkar Barat Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu, mulai susah untuk ditemukan. Sebab, sebelumnya dalam sehari menghasilkan tiga sampai empat kilo per hari.

Foto Miko 
Saat ini dalam sehari tidak menghasilkan apa-apa. Bahkan, hanya kerang kecil yang belum dapat di konsumsi melainkan untuk ditangkarkan kembali.

Keberadaan lokan di Muara Jenggalu, sampai Yarna, selain dipengaruhi kondisi air yang sudah tercemar juga dipengaruhi dengan adanya aktifitas nelayan lain pencari lokan dengan menggunakan alat bantu berupa kompresor. Sehingga dapat menyelam pada kedalaman tertentu dan hasilnya pun cukup menggiurkan.

''Harga jual masih tetap sama, Rp40 ribu hingga Rp60 ribu per satu kilogram. Itu kerang yang sudah dibersihkan dari cangkangnya,'' kata Yarna, nelayan asal Kota Bengkulu, beberapa waktu lalu.

Foto Miko
Lokan dapat di olah sebagai masakan sehari-hari. Seperti sup, pepes, tumis, goreng dan lainnya. Selain menjadi hidangan lezat juga memiliki khasiat yang sangat luar biasa. Diantaranya dapat dijadikan obat untuk penyakit kuning dengan cara merebus kerang dan kemudian air rebusan tersebut di minum rutin selama beberapa hari.

Penulis : Miko Bengkulu 

Terima kasih telah membaca artikel Serunya Berburu Lokan di Muara Jenggalu Bengkulu.
Serunya Berburu Lokan di Muara Jenggalu Bengkulu  Serunya Berburu Lokan di Muara Jenggalu Bengkulu Reviewed by demonfajri okezone on July 14, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.