Melihat dari Dekat Situs Warisan Dunia, Sangiran

Foto Braman
JAWA TENGAH - Wilayah Sangiran dinyatakan sebagai kawasan yang paling banyak ditemukan fosil purba. Baik itu fosil manusia maupun hewan purba dan juga fosil tumbuhan, artefak dan lapisan tanah yang mengendap lebih dari  dari 2 juta tahun silam.

Wilayah Sangiran berada di 15 km di sebelah utara Kota Solo, yang telah ditetapkan UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia no. 593 pada tahun 1996 dengan nama The Sangiran Early Man Site. Kawasan Situs Sangiran meliputi dua Kabupaten. Yakni, Sragen dan Karanganyar.

Saat ini kawasan desa yang masuk wilayah Situs Sangiran telah dipasangi papan penjelasan dan ketentuan Undang Undang (UU) nomor 11 tahun 2010 tentang Benda Cagar Budaya.

Ada empat kecamatan yang masuk sebagai kawasan Situs Sangiran. Yakni, Kecamatan Kalijambe, Plupuh dan Gemolong di Kabupaten Sragen dan Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar. Wilayah yang paling banyak ditemukan fosil purba adalah Kalijambe.

Penemuan fosil tersebut di simpan di Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran.

Jumlah fosil yang ada di gudang Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran mencapai sekira 34 ribu. Semuanya, hasil dari temuan masyarakat sekitar.

Jika mayarakat memiliki kesadaran yang tinggi terhadap penemuan fosil. Mereka cepat melaporkan pada  kantor BPSMP Sangiran yang mulai beroprasi sejak tahun 2009 lalu.

Sebelum tahun 2007 sendiri, BPSMP hanya menjadi unit kerja dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah.

BPSMP juga memberikan reward kepada masyarakat yang menemukan fosil. Besarnya tergantung dari ukuran, kelangkaan, keutuhan fosil purba  yang ditemukan. 

Bahkan, saat ini BPCB terus melakukan penelitian, yang tidak hanya di kawasan Situs Sangiran saja tetapi juga di seluruh Indonesia, seperti di kawasan Situs Patiayam, Kabupaten Kudus.

Penulis : Braman

Terima kasih telah membaca artikel Melihat dari Dekat Situs Warisan Dunia, Sangiran .
Melihat dari Dekat Situs Warisan Dunia, Sangiran Melihat dari Dekat Situs Warisan Dunia, Sangiran Reviewed by demonfajri okezone on June 20, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.