Menikmati Sensasi Keindahan Kebun Teh Kabawetan

Foto Didi Bengkulu
BENGKULU - Pernah mendengar sebutan teh oolong? Istilah mandarin ini, Naga Hitam. Menurut kebudayaan Tiongkok, naga hitam diidentikkan sesuatu yang baik. Jika teh oolong itu di minum rutin. Konon katanya, badan menjadi segar serta jauh dari penyakit.

Provinsi dengan julukan ''Bumi Raffelesia'' ini memiliki kawasan perkebunan teh. Kabawetan, namanya. Luasnya, sekira 1.911,7 hektare (Ha). Perkebunan di Kabupaten Kepahiang itu di kelola dua perusahaan. Hijaunya dedaunan di kawasan, indah.

Sensasi panorama nan cantik serta keasrian alam bikin betah di daerah perbukitan ini. Udaranya sejuk. Sangat bagus untuk melepas kepenatan pikiran. Pemandangan di atas kebun teh pun sangat indah. Ditambah hamparan lembah serta pusat Kabupaten Kepahiang. Bahkan, view bukit barisan yang berbaris kokoh.

Untuk tiba di lokasi kebun teh Naga Hitam, wisatawan musti menempuh perjalanan sekira tiga  jam dari pusat Kota Bengkulu. Sepanjang pejalanan, menembus sisi bukit barisan. Di mana dalam perjalanan itu disuguhi panorama hutan nan asri.

Perkebunan ini awalnya bernama N.V.Land Bovus Maatschaapy sekira 1925, berkantor pusat di sumatera selatan. Pada saat itu di tanam kopi dan kina. Kemudian sekira 1933 hingga 1936 diusahakan tanaman budidaya teh. Sedangkan kopi dan Kina hingga kini tidak di tanam kembali.

Pabrik teh ini diketahui didirikan sekira 1935 di Desa Tangsi Baru Kabawetan dan Kampung Bogor. Di zaman pemerintahan Jepang, perkebunan ini diambil alih pemerintahan Jepang. Namun perkebunan masih di kelola dengan baik. Produknya, teh kabawetan.

Di zaman kemerdekaan perkebunan ini diambil alih pemerintah Indonesia. Namun, terlantar. Sekira 1965 perkebunan tersebut kembali berjalan.

Teh oolong Naga Hitam memiliki mutu, sangat baik. Sayangnya, hasil produksi tidak bisa dijumpai di pasar domestik. Seluruh produksi teh Naga Hitam tersebut di ekspor ke Taiwan. Setiap bulan sekira satu kontainer teh olahan kering di kirim ke negara-negara tujuan ekspor.

Bagi pengunjung, pihak perusahaan memberikan layanan minum teh secara gratis. Siapa pun yang datang secara resmi, dipastikan disuguhi teh naga hitam yang dipercaya meningkatkan vitalitas.

Salah satu pengunjung Rahmadin, mengaku setelah minum teh naga hitam merasa lebih segar dan bersemangat. Meskipun satu cangkir kecil. Cukup membuat hangat tubuh dan berkeringat.

''Aromanya harum, rasa hangat yang menjalar saat teh masuk ke tubuh,'' kata Rahmadin.

Penulis : Didi Bengkulu

Author :

Terima kasih telah membaca artikel Menikmati Sensasi Keindahan Kebun Teh Kabawetan.
Menikmati Sensasi Keindahan Kebun Teh Kabawetan Menikmati Sensasi Keindahan Kebun Teh Kabawetan Reviewed by Demon Fajrie on May 06, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.