Mengenal Tujuh Belas Kopi Robusta, Lahat

Foto Puspita 
SUMATERA SELATAN - Kabupaten/kota di Indonesia memiliki andalan dalam aroma kopi. Seperti halnya, kopi di Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan. Daerah ini salah satu daerah penghasil kopi.

Kabupaten bermotto 'Bumi Seganti Setungguan' ini sebagai daerah unggulan penghasil kopi di Sumatera Selatan. Sektor perkebunan, khususnya. Bagaimana tidak? Areal perkebunan di wilayah ini nyaris di seluruh kecamatan.

Luasnya, 114.317 hektare (Ha). Hasil produksinya 60.500 ton per tahun, kira-kira. Sehingga daerah ini dijadikan areal perkebunan kopi terbesar di Sumatera Selatan. Di setiap kecamatan pun memiliki aroma dan citra rasa tersendiri. Sebanyak 17 citra rasa, kira-kira.

Untuk menghasilkan aroma khas kopi pengelolaannya pun di racik dan di proses sedemikian rupa. Mulai dari kadar kering biji kopi. Penjemuran. Hingga proses lainnya. Di mana dalam setiap proses itu dilakukan secara bertahap.

Berbagai jenis kopi unggulan dari Kabupaten Lahat tersebut sudah dapat dijumpai diberbagai lokasi. Mulai dari pusat kuliner, pasar-pasar yang tersebar di daerah ini. Harganya pun cukup murah, terjangkau.

Di daerah ini juga terdapat kedai-kedai kopi. Tempat bersantai. Di kedai itu menyediakan menu berbagai aroma kopi, sesuai selera pengunjung atau wisawatan. Bahkan, pemerintah daerah menjadikan Kopi Lahat sebagai Souvenir. Tertarik menikmati kopi asal Lahat? Yuk! berwisata kuliner ke 'Bumi Seganti Setungguan'.

Penulis : Puspita

Author :

Terima kasih telah membaca artikel Mengenal Tujuh Belas Kopi Robusta, Lahat.
Mengenal Tujuh Belas Kopi Robusta, Lahat Mengenal Tujuh Belas Kopi Robusta, Lahat Reviewed by Demon Fajrie on May 10, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.