Mengenal Suku-suku di Sumatera Selatan

Jembatan Ampera.  Foto Puspita 
SUMATERA SELATAN - Setiap provinsi di Indonesia tentunya memiliki suku, budaya dan adat istiradat tersendiri. Sumatera Selatan, salah satunya. Provinsi ini memiliki beragam suku. Tersebar di seluruh penjuru. Bahkan, di provinsi ini diketahui memiliki 12 suku.

1. Suku Komering
Komering, salah satu suku yang berada di sepanjang aliran sungai Komering. Karakter suku ini adalah penjelajah. Sehingga penyebaran suku ini pun cukup luas hingga merambat ke provinsi Lampung. Suku komering terbagi atas dua kelompok besar.

Komering Ilir, tinggal di sekitar Kayu Agung. Komering Ulu, tinggal di sekitar Kota Batu Raja. Selain itu suku ini memiliko beberapa marga. Seperti, marga Paku Sengkunyit, sosoh buay rayap, buay pemuka peliyung, buay madang dan marga memendawai.

2. Suku Palembang
Suku ini memenuhi 40 hingga 50 persen daerah di Kota Palembang. Suku ini terbagi dua kelompok. Kelompok wong jeroo, keturunan bangsawan. Kelompok wong jabo, rakyat biasa.

Konon, suku Palembang merupakan hasil dari peleburan bangsa Arab, Tiongkok, suku Jawa dan suku di Indonesia. Suku ini memiliki dua ragam bahasa. Baso Palembang Alus dan Baso Palembang Sari-Sari, namanya.

3. Suku Gumai
Suku Gumai, salah satu suku di Kabupaten Lahat. Gumai merupakan satu kesatuan dari teritorial gumai. Marga gumai lembak, gumai ulu dan marga gumai talang.

Sejak lahirnya Kota Lahat. Gumai terpisah. Untuk gumai lembak dan ulu menjadi bagian dari Kecamatan Pulau Pinang. Gumai Talang menjadi bagian dari Kecamatan Kota Lahat.

4. Suku Semendo
Suku Semendo, berada di Kecamatan Semendo Kabupaten Muara Enim. Konon, suku Semendo berasal dari keturunan suku Banten.

5. Suku Lintang
Suku Lintang merupakan salah satu suku melayu yang tinggal di sepanjang tepian sungai Musi di Sumatera Selatan. Kawasan pegunungan Bukit Barisan merupakan tempat tinggal suku Lintang. Diapit oleh suku Pasemah dan Rejang.

6. Suku Kayu Agung
Suku Kayu Agung, berdomisili di Kabupaten Ogan Komering Ilir. Ibu kota-nya Kayu Agung.  Wilayah ini dialiri sungai Komering.

7. Suku Lematang
Suku ini tinggal di daerah Lematang. Terletak diantara Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Lahat. Daerah ini berbatasan dengan daerah Kikim dan Enim.

Suku ini menempati wilayah sepanjang sungai Lematang di sekitar Kota Muara Enim dan Kota Prabumulih. Orang Lematang pun di kenal ramah dan sangat terbuka. Mereka memiliki rasa kebersamaan yang tinggi.

8. Suku Ogan
Suku Ogan, terletak di Kabupaten Ogan Komering Ulu dan Ogan Komering Ilir. Mereka mendiami tempat di sepanjang aliran sungai Ogan dari Baturaja hingga ke Selapan. Masyarakat Ogan disebut orang Pagagan. Suku ini terbagi menjadi tiga sub suku. Pagagan Ulu, Pagagan ilir dan suku Penesak.

9. Suku Pasemah
Suku Pasemah, suku yang mendiami wilayah Kabupaten Empat Lawang, Lahat, Ogan Komering Ulu, dan sekitar kawasan gunung Dempo. Suku ini banyak merantau ke daerah-daerah di Provinsi Bengkulu.

10. Suku Sekayu
Suku Sekayu, terletak di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin. Suku Sekayu merupakan 'Manusia Sungai'. Gemar mendirikan bangunan rumah yang berdampingan dengan sungai Musi.

11. Suku Rawas
Suku ini berada di wilayah aliran sungai Rawas dan sungai Musi bagian utara.

Suku ini mendiami daerah di Kecamatan Rawas Ulu, Rawas Ilir dan Muara Rupit Kabupaten Musi Rawas utara.

12. Suku Banyuasin
Suku ini tinggal di Kabupaten Musi Banyuasin. Di Kecamatan Babat Toman, Banyu Lincir dan Banyuasin 2 dan Banyuasin 3, tepatnya.

Penulis : Puspita



Author :

Terima kasih telah membaca artikel Mengenal Suku-suku di Sumatera Selatan.
Mengenal Suku-suku di Sumatera Selatan Mengenal Suku-suku di Sumatera Selatan Reviewed by Demon Fajrie on May 11, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.