Mengenal Masyarakat Suku Lembak, Bengkulu

Napa adat istiadat suku lembak dalam prosesi perkawinan. Foto Dok Jelajah Hutan 
BENGKULU - Indonesia memiliki berbagai suku bangsa. Di mana setiap suku memiliki kebudayaan, termasuk Provinsi Bengkulu. Kota Bengkulu, persisinya. 

Masyarakat Lembak atau juga yang dikenal dengan suku Lembak merupakan bagian dari masyarakat Bengkulu. Suku lembak tersebar di Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Utara. Tepatnya, di perbatasan dengan Kota Bengkulu.

Lalu, sebagian berada di Kabupaten Redjang Lebong. Terutama di Kecamatan Padang Ulak Tanding, Sindang Kelingi dan Kota Padang. Tidak hanya itu, suku Lembak juga berada di Kabupaten Kepahiang. seperti, di Desa Suro Lembak.

Tokoh masyarakat Lembak Kota Bengkulu, Usman Yasin mengatakan, bahasa masyarakat suku lembak dengan masyarakat kota (pesisir) terdapat perbedaan. Di mana, kata dia, dari segi pengucapan.

''Masyarakat Bengkulu kata-katanya banyak diakhiri dengan huruf 'o'. Sementara masyarakat Lembak banyak menggunakan huruf 'e','' kata Usman, beberapa waktu lalu.

Makan Ketan dalam prosesi perkawinan suku Lembak. Foto Dok Jelajah Hutan
Di lihat dari sisi adat istiadat antara masyarakat Bengkulu dan masyarakat Lembak, terang Usman, terdapat kesamaan dan perbedaan. Di mana ada hal-hal yang terdapat dalam masyarakat Bengkulu tidak terdapat dalam masyarakat Lembak. Begitu sebaliknya.

''Adat dalam rangkaian upacara perkawinan dan daur hidup lainnya,'' sampai Usman.

Suku Lembak, sampai Usman, merupakan suku asli di Bengkulu. Di mana suku Lembak mempunyai sejarah kerajaan. Yaitu, Kerajaan Sungai Hitam dengan rajanya Singaran Pati, yang bergelar Aswanda. Lalu, memiliki wilayah yang jelas. Kemudian, memiliki bahasa yang khas, serta memiliki kebudayaan baik fisik maupunn non fisik. Berupa kesenian dan lain-lain.

Terima kasih telah membaca artikel Mengenal Masyarakat Suku Lembak, Bengkulu.
Mengenal Masyarakat Suku Lembak, Bengkulu Mengenal Masyarakat Suku Lembak, Bengkulu Reviewed by demonfajri okezone on May 16, 2018 Rating: 5

1 comment:

  1. Terimakasi artikel sangat bermanfaat banget....

    ReplyDelete

Powered by Blogger.