Kopi Unggulan Empat Lawang Itu Bernama Robusta

Foto Puspita
SUMATERA SELATAN - Sumatera Selatan bukan hanya memiliki kuliner khas, pempek. Di provinsi ini juga memiliki produk yang tak kalah dengan provinsi lainnya. Kopi, misalnya. Bagaimana tidak? sejumlah daerah di provinsi ini menjadi daerah penghasil kopi.

Bahkan, memiliki ciri khas tersendiri. Kabupaten Muara Enim, misalnya. Terkenal dengan kopi Semendo. Lalu, di Kota Pagar Alam, kopi Basemah. Kemudian, kopi Lahat dari Kabupaten Lahat. Selanjutnya, kopi robusta dari Kabupaten Empat Lawang.

Dari berbagai daerah penghasil kopi tersebut. Penikmat atau pencita kopi patut mencoba kopi robusta Empat Lawang. Di mana kopi ini menjadi produk unggulan dari pemerintah setempat serta menjadi sajian setiap tamu undangan berkunjung ke Empat Lawang.

Kopi robusta Empat Lawang sendiri merupakan kopi yang berasal dari petani di Kecamatan Ulu Musi, Talang Padang, Pendopo, Lintang Kanan dan Muara Pinang dan Kecamatan Paiker. Kopi ini pun telah mendapat hak paten dari Kemenkumham.

Untuk menghasilkan kopi sempurna. Petani di daerah itu memiliki biji petih merah. Di mana biji petih merah tersebut diolah melalui beberapa proses. Sehingga menciptakan aroma kopi khas Empat Lawang. Patut di coba. Bagi penikmat dan pencinta kopi nusantara.

''Kopi robusta Empat Lawang telah memiliki sertifikat hak paten,'' kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Empat Lawang Susyanto Tunut, beberapa waktu lalu.

Penulis : Puspita

Author :

Terima kasih telah membaca artikel Kopi Unggulan Empat Lawang Itu Bernama Robusta.
Kopi Unggulan Empat Lawang Itu Bernama Robusta Kopi Unggulan Empat Lawang Itu Bernama Robusta Reviewed by Demon Fajrie on May 08, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.