Kopi Favorit Ratu Yuliana, Kopi Semendo

Foto Puspita
SUMATERA SELATAN - Berbicara kopi nusantara tidak akan ada habisnya. Setiap provinsi tentunya memiliki produk unggulan. Sumatera Selatan, contohnya. Kabupaten Muara Enim dan Kota Pagar Alam, persisnya.

Daerah ini memiliki kopi robusta. Sama seperti kabupaten/kota lainnya di Indonesia. Kopi Semendo, namanya. Kopi itu berasal Muara Enim dan suku Basemah, Pagar Alam. Konon, kopi semendo merupakan kopi favorit Ratu Yuliana semasa penjajahan Belanda.

Di mana pada masa itu sang Ratu meminta areal perkebunan kopi terbaik di daerah itu. Simpang Padang Karet Pagar Alam, tepatnya. Hasilnya, perkebunan di bawa ke dapur istana, Ratu. Kopi ini sendiri memiliki aroma bau khas. Harum.

Ya, bubuk kopi yang dihasilkan tersebut diolah secara tradisional. Dengan berbagai rangkaian proses pengelolaan. Sehingga menghasilan bubuk kopi berkualitas. Kopi ini sendiri merujuk pada daerah tataran Bukit Barisan Sumatera Selatan.

Ingin merasakan kopi semendo? saat ini kopi semendo sudah banyak dijumpai disejumlah daerah di Sumatera Selatan. Baik di pasar tradisional maupun modern. Bahkan, kopi ini sudah dijual secara online. Harganya, murah meriah. Terjangkau.

Penulis : Puspita

Author :

Terima kasih telah membaca artikel Kopi Favorit Ratu Yuliana, Kopi Semendo.
Kopi Favorit Ratu Yuliana, Kopi Semendo Kopi Favorit Ratu Yuliana, Kopi Semendo Reviewed by Demon Fajrie on May 12, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.