Ikan Sepit Kuliner Khas dari Tanah Bumi Seganti Setungguan

Foto Puspita
SUMATERA SELATAN - Lahat, salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan. Di daerah ini bukan hanya menyimpan destinasi wisata menajubkan. Namun, di wilayah ini memiliki wisata kuliner khas, 'menggoyang lidah'.

Kuliner ikan sepit, misalnya. Atau yang dikenal dengan ikan asap. Kuliner satu ini memiliki citra rasa membuat nafsu makan menjadi bertambah. Gurih dan renyah. Aroma bumbu khasnya pun membuat wisawatan nagih.

Penasaran? Wisatawan cukup menyambangi Desa Tanjung Sirih Kecamatan Pulau Pinang Kabupaten Lahat. Di daerah ini dijadikan sebagai lokasi wisata kuliner. Seluruh masakan khas kabupaten bermotto 'Bumi Seganti Setungguan' ini dapat dinikmati.  

Kuliner ikan asap, di racik menggunakan bumbu-bumbu tradisonal. Sehingga mencipatakan rasa dan aroma menggugah selera, lezat. Ikan yang dijadikan kuliner pun masih segar. Ikan tawar, hasil budidaya dari masyarakat setempat.  

Harga per porsi ditawarkan, murah meriah. Sangat terjangkau. Tidak membuat kantong pengunjung, bolong. Di lokasi ini juga wisatawan dapat bersantai di tempat duduk yang disediakan pedagang. Gratis.

Tidak hanya ikan sepit. Di wisata kuliner satu ini pengunjung bisa merasakan kuliner lain yang dijajaki pedagang. Lemang rasa durian dan lemang rasa pisang, contohnya. Sayang, dilewatkan.

Lemang itu memiliki citra rasa buah, khas. Aromanya sangat mengggugah selera. Patut untuk dirasakan. Kuliner itu pun di racik sedemikian rupa, masyarakat setempat. Sehingga memiliki kekhasan tersendiri. Varian lemang yang ditawarkan pedagang per porsi, terjangkau. Murah.  

''Lemang berbagai rasa itu sudah kami jajaki sejak beberapa tahun terakhir. Harga yang ditawarkan murah,'' kata salah satu pedagang di wisata kuliner Desa Tanjung Sirih, Zulfikar, beberapa waktu lalu.

Penulis : Puspita

Author :

Ikan Sepit Kuliner Khas dari Tanah Bumi Seganti Setungguan Ikan Sepit Kuliner Khas dari Tanah Bumi Seganti Setungguan Reviewed by Demon Fajrie on May 07, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.