Bertualang ke Puncak Danau Telapak Kaki di Gunung Daun

Foto dari satelit danau telapak kaki.
BENGKULU - Provinsi Bengkulu banyak memiliki potensi obyek wisata. Mulai dari pantai panjang, air terjun, danau dendam tak sudah, gunung berapi aktif Bukit Kaba dan gunung Patah.

Tidak hanya itu, provinsi dengan julukan ''Bumi Rafflesia'' ini juga menyimpan potensi wisata alam tak kalah indah dan menajubkan. Terlebih wisatawan domestik maupun manca negara yang hobi jelajah hutan. Danau Telapak, namanya.

Danau ini terletak di puncak gunung Daun. Pada ketinggian 2476 Mdpl. Di hutan lindungi (HL) Bukit Daun, tepatnya. Sekitar danau terdapat pepohonan menjulang tinggi. Sejuk, udaranya.

Jika di lihat dari peta satelit. Danau dengan luas sekira 2,5 hektare (Ha) itu mirip telapak kaki manusia raksasa, besar. Menajubkan dan mengagumkan!.

Pesona alam danau nan indah dapat dinikmati wisatawan, cukup mudah. Di mana wisatawan musti berjalan kaki. Melintasi jalan setapak, di kelilingi tanaman hutan. Lama perjalanan pun lima jam perjalanan, kira-kira.

Perjalanan itu di mulai dari melintasi salah satu satu kawasan areal perkebunan menuju Bukit Sepi, namanya. Bukit Sepi merupakan pintu rimba menuju ke danau. Secara geografis terletak di Desa Air Mundo Dan Desa Baru Manis Kecamatan Bermani Hulu Kabupaten Rejang Lebong.  

Perjalanan kembali di lanjutkan ke pematang air rerjun Plikat Kering. Tinggi air terjun itu tujuh meter, kira-kira. Indah dan mempesona. Sayang di lewatkan. Pesona alam satu ini dapat dijumpai saat dalam perjalanan ke puncak danau telapak.

Setelah menikmati panorama alam air terjun, sembari menikmati dinginnya air terjun. Wisatawan kembali berjalan ke gunung Panda dan gunung Lawang Hantu, anak gunung purna daun. Cukup melelahkan.

Setelah menempuh perjalanan tidak kurang dari 4,5 jam. Wisatawan tiba di kawasan Lawang Hantu. Dari kawasan ini hanya sekira 30 menit akan tiba di puncak danau gunung purba, daun.

Perjalanan menuju puncak danau tersebut wisatawan akan disuguhi keasrian tanaman hutan. Sejuknya udara serta kicauan suara hewan bersayap yang terus menemani perjalanan.

Pertualangan menjelajah hutan belantara danau telapak, terbalas. Ketika tiba di atas puncak. Keindahan pepohonan menjulang tinggi, semi Alpen. Hembusan angin, sejuk. Bahkan, pesona danau yang berkabut, tenangnya air, tentu memanjakan mata.

''Danau ini berada di atas puncak gunung purba. Kalau di lihat dari foto satelit bentuk danau itu mirip dengan telapak kaki manusia raksasa,'' sampai Rafik Sani, selaku anggota kehormatan Mapala Palasostik Universitas Bengkulu (Unib), beberapa waktu lalu.

Bertualang ke Puncak Danau Telapak Kaki di Gunung Daun Bertualang ke Puncak Danau Telapak Kaki di Gunung Daun  Reviewed by demonfajri okezone on May 04, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.