Berkeliling di Dalam Kapal RS USNS Mercy Terbesar di Dunia

Kapal Rumah Sakit USNS Mercy Amerika Serikat. Foto dok jelajahhutan
BENGKULU - Pernah dengar kapal rumah sakit (RS) terbesar di dunia? Ya, kapal itu milik Amerika Serikat. USNS Mercy, namanya. Kapal ini merupakan kapal RS terbesar di dunia. Semua fasilitas medis, tim medis ada di dalam kapal dengan tenaga penggerak dua turbin general electric, dua keteluap 24.500 hp atau 18.3MW serta satu poros baling-baling ini.

Kapal dengan panjang 894 kaki atau 272,6 meter ini mampir ke Indonesia. Provinsi Bengkulu, tepatnya. Di pelabuhan Pulau Baai Kota Bengkulu, persisnya. Kedatangan kapal di provinsi dengan julukan ''Bumi Rafflesia'' ini dalam rangka Pacific Partnership, 2018. Pemerintah Indonesia, kembali menjadi tuan rumah. Bahkan, tahun ini merupakan kali keenam yang digelar di Indonesia, sejak pertama kali digelar, 2006.
Ruang CT Scan. Foto dok jelajahhutan
Kegiatan multilateral tahunan terbesar di kawasan Indo Pasifik ini melibatkan sekira 800 personel militer dan sipil dari Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Australia, Perancis, Peru, dan Jepang. Begitu juga dengan kapal RS Angkatan Laut Amerika serikat USNS Mercy.

Kapal USNS Mercy dimiliki dan dioperasikan, Military Sealift Command. Di mana kapal ini mampu memberikan layanan pertolongan darurat, perawatan medis di atas kapal untuk pasukan tempur AS, yang ditugaskan dalam perang serta operasi lainnya.
Ruang ICU di kapal RS USNS Mercy. Foto dok jelajahhutan
Siang itu Kota Bengkulu, cerah. Termasuk di pelabuhan Pulau Baai Kecamatan Kampung Melayu. Dari kejauhan terlihat kapal RS terbesar di dunia milik Amerika Serikat, super besar. Kapal dengan lebar sekira 105.6 kaki atau 32,2 meter itu berada di perairan Bengkulu, tiga kilo meter kira-kira dari dermaga pelabuhan Pulau Baai.

Megah dan besar itu kata yang terucap, saat melihat kapal dengan daya angkut 69.360 ton atau setara 70.473,10 metric tons dalam muatan penuh ini. Kedatangan kapal ini untuk memberikan bantuan tenaga maupun teknis pengobatan gratis kepada masyarakat di Bengkulu.
Kapal RS USNS Mercy. Foto Dok jelajahhutan
Kapal yang mampu memberikan layanan penuh layaknya RS ini untuk mendukung operasi penanggulangan bencana dan bantuan kemanusiaan AS di seluruh dunia. Di mana kapal ini didukung dengan 12 ruang operasi lengkap, fasilitas ranjang RS sekira 1.000 buah.

Tidak hanya itu, kapal yang di bangun dan dikonversi Perusahaan National Steel and Shipbuilding, San Diego, California ini juga memiliki ruang layanan radiologi digital, laboratorium medis, apotik, lab pemeriksaan mata, CT Scan, serta dua fasilitas pembangkit yang memproduksi oksigen.

Setiap ruang medis di dalam kapal yang memiliki kecepatan 17,5 knots atau 20,13 mph disiagakan tim dokter dan suster. Di dalam ruang itu pun dilengkapi peralatan dan perlengkapan medis lengkap dan canggih. Layaknya RS di Amerika Serikat.

Pada bagian atas kapal yang memiliki kru dalam status operasi penuh sebanyak 65 pegawai sipil dan hingga 1.215 tenaga medis dari Angkatan Laut ini terdapat landasan helikopter militer, berukuran besar. Bahkan, di kapal ini terdapat dek pendaratan samping, untuk mengangkut pasien dari laut.
Execuitif Officer USNS Mercy, Capt Lynelle Hoamah (tengah). Foto dok jelajahhutan
''Ada landasan helikopter. Kapal ini memiliki 1000 tempat tidur untuk pasein. Peralatan  medis lengkap,'' kata Execuitif Officer USNS Mercy, Capt Lynelle Hoamah, beberapa waktu lalu.

''Ada fasilitas pembangkit yang bisa memproduksi oksigen. Ada ribuan tenaga medis,'' sambung Hoamah.

Untuk diketahui, pacific partnership merupakan misi tahunan untuk bantuan kemanusiaan dan tanggap bencana terbesar di kawasan Indo Pasifik. Pacific Partnership 2018 merupakan penyelanggaraan misi ke-13.

Pada tahun ini dipimpin Komandan, Skuadron Destroyer 31 danpara staf, di kapal rumah sakit USNS Mercy (T-AH-19) dan kapal pengangkut ekspedisi cepat USNS Fall River (T-EPF 4).

Kegiatan ini melibatkan lebih dari 800 personel sipil dan militer dari Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Australia, Perancis, Peru dan Jepang.

Para peserta, bekerja sama dengan tenaga medis profesional Indonesia. Berpartisipasi dalam proyek teknik sipil, latihan bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana. Bahkan, turut serta dalam kegiatan dengan melibatkan masyarakat di Provinsi Bengkulu.

Selain itu, dalam pacific partnership melibatkan sejumlah profesional di bidang kesehatan, teknik sipil, para ahli bidang bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana.  Para pegawai sipil Angkatan Laut (AL), bekerja sama dengan pihak-pihak dari negara penyelenggara misi di setiap tempat pelaksanaan.

USNS Mercy singgah di Indonesia, Sri Lanka, Malaysia, dan Vietnam. Sementara, USNS Fall River akan mengunjungi Kepulauan Yap, Palau, Malaysia dan Thailand.

Kegiatan bersama komunitas dan penampilan grup band militer akan diadakan di setiap negara perhentian untuk menjalin persahabatan dengan masyarakat tuan rumah. Amerika Serikat terus melanjutkan kerja sama serta menjalin hubungan dalam bidang pertahanan dengan negara-negara ini.

Berkeliling di Dalam Kapal RS USNS Mercy Terbesar di Dunia Berkeliling di Dalam Kapal RS USNS Mercy Terbesar di Dunia Reviewed by demonfajri okezone on May 01, 2018 Rating: 5

1 comment:

  1. Numpang link ya om makasih.

    YUKK KUNJUNGIN LINK KAMI SEKARANG JUGA, AGAR SELALU MENGUNAKAN PRODAK ORGANIK.

    Pestona Nasa

    ReplyDelete

Powered by Blogger.