Dol, Alat Musik Khas Bengkulu yang Mendunia

Dol alat musik khas Bengkulu
BENGKULU - Bengkulu, bukan hanya terkenal dengan Bunga Raksasa Rafflesia dan obyek wisata sejarah dan keindahan alam. Namun, di provinsi yang memiliki julukan ''Bumi Rafflesia'' ini memiliki tradisi serta alat musik yang hanya ada satu-satunya di dunia. 

Alat musik itu bernama Dol. Salah satu kekayaan musik etnik Indonesia itu, juga digunakan dalam upacara tabot setiap tahun. Tepatnya, pada tanggal 1 hingga 10 Muharram, untuk memperingati wafatnya Hasan dan Husein, cucu Nabi Muhammad, S.A.W. 

Untuk memperkenalkan alat musik itu ke kancah nasional hingga internasional, tidak terlepas dari sosok, Syukri Ramzan Sy. 

Syukri mengatakan, kisaran tahun 1985-1987, dirinya mulai memperkenalkan alat musik dol ke kancah nasional. 

Dimana, terang Syukri, dol merupakan salah satu alat musik satu-satunya di dunia, dengan pola pemukulan  ganjil. Sehingga menjadi langka. Bahkan, pemukulan dol pun menggunakan alat berupa dua buah stick. 

''Dol memiliki memiliki pola pukul yang tradisi. Berbeda dengan alat musik fu dari Papua dan Udu alat musik perkusi asal negara Afrika,'' kata pria kelahiran, Bengkulu, 18 November 1967 ini, belum lama ini. 

Dol, terang pria yang akrab Cik Suk ini, merupakan alat musik perkusi, yang dimainkan dengan ditabuh. Dimana alat musik khas Bengkulu ini, sampai Syukri, terbuat dari bongkol kelapa dan kulit sapi. 

Selain itu, lanjut dia, dol tidak memiliki lobang dibagian bawah atau bagian dasarnya. Sehingga, suara atau bunyi yang dikeluarkan dol, unik. 

Unik, sampai Syukri, dalam penabuhan dol memiliki tiga jenis pukulan. Seperti, suwena atau meradai dalam arti pukulan dengan tempo lambat, tamatam atau sendiri merupakan pukulan lebih cepat dan suwari atau pukul beruji lego merupakan pukulan dengan tempo satu-satu. 

''Tiga jenis pukulan itu digunakan untuk menggiring tarian dalam suatu acara,'' sampai Syukri. 

Untuk mengeksplorasi dan eksperimentasi potensi seni musik dan tari daerah Bengkulu, hingga menjadi sebuah karya pertunjukkan yang tidak kehilangan Roh etnisitasnya, Syukri menyampaikan, dirinya mengemas tarian dan seni musik dol yang lebih kekinian atau modern.

''Saya memberikan pelatihan tari dan musik untuk anak-anak, remaja maupun dewasa sejak tahun 1987,'' sampai Syukri. 

Dengan aktivitas kesenian tersebut, terang Syukri, dirinya telah dipercaya tampil dan mengisi panggung pertunjukkan seni baik tingkat nasional maupun internasional. Seperti, di Provinsi Aceh hingga Lampung, Jakarta, Solo, Jawa Tengah, Bandung Jawa Barat, Surabaya, Jawa Timur, Yogyakarta, Bali, Makassar Sulawesi Selatan serta beberapa kali di negara Singapura dan Malaysia.

Berbagai macam karya dan pemetasan seni dol, terang Syukri, dirinya berhasil menoreh prestasi dan penghargaan. Dari tingkat nasional hingga internasional. Mulai dari empat penghargaan atas 13 penyaji terbaik, penyaji terbaik pulau, penata tari terbaik peringkat tiga, penyaji terbaik materi dan Diang Suluh (Musik anak-anak 2006). 

Lalu, penampilan drama cerita rakyat dan musik anak-anak dalam rangka kegiatan pameran kekayaan budaya Indonesia (2014), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Kebudayaan, serta lainnya. 

Sementara, untuk tingkat internasional, kata dia, mendapatkan prestasi SIEMS (Solo) dengan predikat The Best Performance dan mewakili Indonesia di Singapore Arts Festival tahun 2007,serta penampilan music dalam acara Rainforest World Music Festival di Serawak, Malaysia (2016).

''Prestasi di Singapura, musik dol diakui dunia sebagai salah satu kekayaan musik etnik Indonesia,'' terang Syukri.

Untuk lebih mengenalkan musik dol, sambung Syukri, jika tidak ada halangan pada peringatan HUT Provinsi Bengkulu, 18 November 2017 mendatang, akan digelar pemecahan rekor MURI pemukulan musik dol dengan melibatkan 500 orang, dengan durasi pemukulan selama sekira 15 menit. 

''Nanti pemecahan rekor akan melibatkan 49 sanggar seni Bengkulu,'' pungkas Syukri.

Terima kasih telah membaca artikel Dol, Alat Musik Khas Bengkulu yang Mendunia .
Dol, Alat Musik Khas Bengkulu yang Mendunia Dol, Alat Musik Khas Bengkulu yang Mendunia Reviewed by demonfajri okezone on October 08, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.