Menikmati Obyek Wisata Bunga Bangkai Raksasa di 'Bumi Rafflesia'

 

BENGKULU - Potensi keindahan alam di Provinsi Bengkulu, bukan hanya menyajikan obyek wisata, pantai, wisata sejarah, gunung dan air terjun.

Di provinsi yang memiliki julukan ''Bumi Rafflesia'' ini, juga menawarkan wisata alam. Berupa tumbuhan asli di kawasan hutan lindung. Seperti, Bunga Bangkai Raksasa Sumatera (Amorphophallus Gigas).

Bunga raksasa itu tumbuh subur dan secara alami di kawasan hutan desa diantara Bukit Batu dan Bukit Pacat. Persisnya, di Talang Tebu Dusun III Desa Taba Padang Kecamatan Seberang Musi Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu.

Flora asli Bengkulu ini tumbuh, tidak seperti bunga bangkai yang pernah ditemui. Pasalnya, bunga yang berdekatan dengan obyek wisata air terjun 'Tik Unen' ini menjulang tinggi.

Ketinggiannya mencapai 6 meter, dengan diameter batang sekira 40-45 cm atau setara dengan tubuh orang dewasa. Bahkan, jika mekar ketinggian bunga diprediksi mencapai 7 meter.

Bunga raksasa yang berada ditepi aliran sungai 'Tik Unen' ini, juga tumbuh bunga bangkai dengan ketinggian sekira 1,5 meter, yang tak jauh dengan bunga bangai setinggi 6 meter.

Untuk menikmati tumbuhan tersebut, para wisatawan mesti menempuh perjalanan darat dari Kota Bengkulu. Dengan memakan waktu perjalanan sekira 2 jam atau berjarak sekira 80 kilometer (km), untuk tiba di Desa Tebat Monok Kecamatan Kepahiang Kabupaten Kepahiang.

Tiba di desa itu para wisatawan mesti melanjutkan perjalanan ke Desa Taba Padang Kecamatan Seberang Musi, dengan memakan waktu perjalanan sekira 30 menit atau berjarak sekira 8 km.

Selanjutnya dari desa itu pelancong pun mesti menempuh perjalanan ke Talang Tebu Dusun III, Desa Taba Padang Kecamatan Seberang Musi atau berjarak sekira 1,5 km.

Setiba di desa dengan jumlah penduduk 110 kepala keluarga (KK) tersebut, wisatawan mesti berganti kendaraan dengan sepeda motor yang telah dimodifikasi atau ''kuda besi'' trail, yang mana dibagian ban juga telah diberi rantai.

Hal tersebut lantaran medan masih tanah kuning bercampur lumpur, ditambah jalur 'ekstem' yang akan dilalui saat menuju ke lokasi bunga raksasa. Sepeda motor modifikasi itu dapat peroleh dengan cara menyewa jasa ojek warga desa sempat.

Kemudian, dari Dusun III Desa Taba Padang, wisatawan akan menempuh perjalanan 1,5 km menuju ke hutan desa tepatnya ke kawasan Bukit Batu, dengan memakan waktu sekira 30 menit.

Dalam perjalanan menuju lokasi habitat bunga raksasa, pelancong akan merasakan sensasi yang berbeda saat berkendara di jalan raya.

Begitu naik motor trail menuju ke kawasan hutan Bukit Batu, wisatawan akan disuguhi gelombang jalan kuning disepanjang jalan.

Disana, perut serasa diaduk didalam blender dan perut serasa diputar-putar membuat muka sampai pucat membiru. Bahkan, gara-gara dahsyatnya perjalanan itu lambung usus berasa geser dari tempatnya, produksi keringat meningkat, lemak tubuh luruh.

Setelah merasakan sensasi perjalanan yang membuat 'goyang' seluruh tubuh serta menikmati suasana alam disepanjang perjalanan. Pelancong akan tiba di salah satu pondok milik warga sempat.

Dari bangunan pondok itu, wisatawan mesti menempuh perjalanan long march, dengan menyisiri kawasan hutan yang masih ditumbuhi pepohonan menjulang tinggi serta aliran anak sungai 'Tik Unen'.
 
Didalam perjalanan itu, para wisatawan juga akan disuguhi berbagai macam tumbuhan asli kawasan hutan lindung, yang mesti mendokumentasikan dengan mata kamera handpone (Hp) ataupun kamera digital atau DSLR.

Usai menempuh perjalanan sekira 20 menit. Para pelancong akan langsung disuguhi berbagai tumbuhan khas di kawasan hutan Bukit Batu, termasuk bunga raksasa.

Sayangnya, saat tiba di lokasi bunga raksasa itu belum mekar secara sempurna. Namun, bunga itu ditaksir akan mekar dalam satu hingga dua minggu kedepan.

Mantan Kepala Desa (Kades) Taba Padang, Yoyon menyampaikan, bunga bangkai tersebut tumbuh dengan sendirinya di kawasan hutan desa.

''Bunga ini (Bunga Bangkai) tumbuhan asli kawasan hutan. Bunga ini (Bunga Bangkai) tumbuh dengan sendirinya,'' kata Yoyon, belum lama ini.

Menikmati Obyek Wisata Bunga Bangkai Raksasa di 'Bumi Rafflesia' Menikmati Obyek Wisata Bunga Bangkai Raksasa di 'Bumi Rafflesia' Reviewed by demonfajri okezone on July 30, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.