Air Terjun 'Three In One', Memukau


Air Terjun Cuup Guung
BENGKULU - Jika obyek wisata pantai dan sejarah sudah menjadi tujuan wisata yang membosankan. Kali ini wisatawan harus mencoba menyambangi pesona alam di Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu.

Kabupaten yang memiliki motto 'Maroba Kite Maju' ini menyimpan wisata alam, yang terpampang jelas dan tak kalah indah.

Salah satunya, pesona alam tiga air terjun dalam satu kawasan atau air terjun 'Three In One', yang tentunya bikin memanjakan mata dengan sajian keindahan alam, memukau.

Air terjun ini masih tersembunyi dan alami. Bahkan, pesona alam satu ini memiliki tantangan tersendiri bagi siapa saja yang ingin mengunjunginya.

Memandangi air yang jatuh kedalam kolam dengan mengeluarkan suara deburan air, memberi kesan tersendiri. Bahkan, tidak dapat dilukiskan dengan untaian kata-kata.

Tidak hanya itu, tubuh dan pikiran dipercaya akan kembali rileks, setelah bersantai atau bermain air di sana. Sebab, air terjun ini bikin pelancong atau traveller jatuh hati dengan kemolekan panorama alamnya.

Tiga destinasi air terjun itu bernama, air terjun atau 'Cuup Midar', 'Cuup Cadas' dan 'Cuup Guung'. Ketiga air terjun itu berada dalam satu jalur dan satu kawasan yang hanya berjarak 25 meter hingga 50 meter.

Obyek wisata itu terdapat di Desa Penembang Kecamatan Merigi Kelindang Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu. Dimana setiap air terjun yang bersumber dari aliran sungai durian itu memiliki keindahan panorama masing-masing.

Disekitar lokasi itu masih ditumbuhi pepohonan yang rindang dan menjulang tinggi. Baik disisi kiri maupun disisi kanan air terjun.

Selain itu, bebatuan gunung yang terdapat disekeliling air terjun menambah keindahan pesona alam setiap air terjun dengan ketinggian yang berbeda-beda tersebut.

Untuk Cuup Midar memiliki ketinggian sekira 8 meter, yang mana air terjun ini mempunyai dua tingkat dan dua kolam air terjun yang cukup besar.

Air Terjun Cuup Cadas
Cuup Cadas, berada diatas Cuup Midar atau berjarak sekira 25 meter. Air dari air terjun itu bersumber dari aliran sungai air bukit.

Namun, di air terjun dengan ketinggian sekira 25 meter itu tidak terdapat kolam. Sehingga para traveller tidak bisa berendam menikmati dinginnya air terjun.

Usai menikmati keindahan air terjun cadas yang menjulang tinggi. Belum lengkap rasanya, jika wisatawan belum menikmati air terjun Guung, yang hanya berjarak sekira 25 meter dari air terjun Cadas.

Disini wisatawan dapat menikmati dinginnya dan suara gemericik air terjun Guung, dan embun semburan dari lontaran air.

Sebab, air terjun itu memiliki dua tingkat dan dua kolam. Dibagian bawah maupun dibagian atas air terjun. Air yang jernih membius wisatawan untuk mencoba bermain air atau mandi didalam kolam yang berukuran sekira 4x3 meter itu.

Air Terjun Cuup Midar
Sebelum menikmati pesona alam tersembunyi di tanah 'Maroba Kite Maju' tersebut, wisatawan mesti menempuh perjalanan darat dengan memakan waktu sekira 2 jam dari Kota Bengkulu atau berjarak sekira 36 kilometer (KM).

Setiba di desa dengan mayoritas berprofesi sebagai petani kopi ini, mesti menelusuri areal perkebunan milik warga sekira 1,8 km dari pusat desa atau setara dengan 15 menit perjalanan.

Nantinya, wisatawan akan disambut dengan pintu rimba atau tempat tinggal juru kunci air terjun, bermukim. Dari pintu rimba pun wisatawan mesti berjalan kaki sekira 10 menit, agar tiba di lokasi tiga air terjun.

Saat tiba di lokasi, wisatawan langsung disambut gemericik suara air terjun, rindangnya pepohonan dan batu pegunungan disisi kiri dan kanan air terjun.

Juru Kunci air terjun, Salinin (48) mengatakan, tiga air terjun tersebut terdapat dalam satu kawasan, dengan dua sumber aliran sungai.

''Walaupun satu lokasi sumber air terjun itu dari dua aliran sungai,'' kata Salinin.

Salinin menyampaikan, kawaasan obyek wisata itu belum mendapatkan perhatian serius dari pemerintah setempat. Sebab, kata dia, destinasi itu masih dikelola secara swadaya.

''Wisata ini masih dikelola secara swadaya,'' pungkas Salinin.

Terima kasih telah membaca artikel Air Terjun 'Three In One', Memukau .
Air Terjun 'Three In One', Memukau Air Terjun 'Three In One', Memukau Reviewed by demonfajri okezone on July 16, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.