Bikin 'Klepek-klepek', Air Terjun Cuup Psuk Tempat 'Orang Sakti'

Air Terjun Cuup Psuk
BENGKULU - Bengkulu Tengah, merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Bengkulu. Kabupaten yang memiliki semboyan 'Maroba Kita Maju' ini, memiliki destinasi wisata yang membuat traveller atau pelacong, menjadi 'Klepek-Klepek'.

Wisata itu diberi nama, air terjun Cuup Psuk, berlokasi di Desa Penembang Kecamatan Merigi Kelindang. Selain memiliki pesona alam nan indah, wisata ini juga memiliki legenda rakyat.

Konon, obyek wisata yang berjarak sekira 34 kilometer (KM) dari Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu ini, merupakan tempat 'orang sakti' yang diduga dijebak oleh masyarakat Desa Taba Durian Sebakul Kecamatan Merigi Kelindang.

Desa itu merupakan desa tetangga dari Desa Penembang, yang berjarak sekira empat hingga lima km.

Mantan Kades Penembang, Arpan mengisahkan, menurut cerita orang terdahulu atau nenek moyang masyarakat setempat.

Dulunya, di Desa Taba Durian Sebakul, ada sosok pria yang memiliki kesaktian. Konon, kata dia, pria itu nakal dan acap mengganggu masyarakat setempat.

Diketahui, cerita Arpan, 'orang sakti' itu juga ahli dalam mencari ikan, dan menyelam didalam dasar aliran sungai susup di Desa Taba Durian Sebakul.

Lantaran kesal atas ulah 'orang sakti', sambung Arpan, masyarakat di desa itu kompak untuk menjebak 'orang sakti'. Caranya, sampai Arpan, masyarakat meminta 'orang sakti' mencari ikan didalam lobang di aliran sungai susup di desa itu.

Setelah masuk kedalam lobang yang berukuran cukup besar, ulas Arpan, masyarakat menutup lobang itu dengan batu besar, guna menutupi lobang tersebut.

Tujuannya, terang dia, agar 'orang sakti' tersebut tidak bisa keluar dari lobang didasar aliran sungan susup di Desa Taba Durian Sebakul.

''Menurut cerita, dulunya ada 'orang sakti' di desa tetangga (Desa Taba Durian Sebakul), yang ahli menyelam dan mencari ikan,'' ulas Arpan.

Meskipun sudah terjebak didalam lobang, sambung Arpan, 'orang sakti' tersebut tidak meninggal dunia saat berada didalam lobang.

Namun, 'orang sakti' itu berusaha menyelam, serta tetap mencari ikan didalam lobang yang cukup panjang tersebut. Hingga pada akhirnya, cerita Arpan, pria yang memiliki kesaktian itu muncul diatas air terjun Cuup Psuk.

Dimana, saat muncul dirinya membawa cukup banyak ikan sungai, hasil tangkapan dari lobang aliran sungai Susup hingga aliran sungai durian.

''Jarak aliran sungai dari Desa Taba Durian Sebakul hingga aliran sungai Durian menuju air terjun Cuup Psuk, sekira lima kilometer,'' sampai Arpan.

''Saat dia (orang sakti) keluar, dalam keadaan hidup. Dia membawa ikan banyak yang dimasukkan didalam keranjang,'' ingat Arpan.

Lobang yang berada diatas air terjun Cuup Psuk, lanjut Arpan, memiliki diameter sekira 1,5 meter. Selain itu, lobang itu diketahui berada dikedalaman sekira lima meter.

''Lobang itu tersembunyi. Sejak cerita itu, belum ada yang mencoba masuk atau menembus lobang menuju desa tetangga,'' sampai Arpan.

Sejak cerita legenda turun-menurun ke anak cucu masyarakat setempat, sambung Arpan, air terjun di Desa Penembang diberi nama Cuup Psuk.

''makanya air terjun disini (Desa Penembang) diberi nama Cuup Psuk,'' demikian Arpan.

Bikin 'Klepek-klepek', Air Terjun Cuup Psuk Tempat 'Orang Sakti' Bikin 'Klepek-klepek', Air Terjun Cuup Psuk Tempat 'Orang Sakti'  Reviewed by demonfajri okezone on June 10, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.