Menikmati Keindahan Alam dari Atas Puncak Gunung Berapi Bukit Kaba

Kawah Hidup Gunung Bukit Kaba
BENGKULU - Ingin merasakan wisata mendaki ketinggian gunung? Jika jawabannya. Ya, maka Bukit Kaba adalah pilihan yang sangat cocok. Terutama yang senang 'bersusah-susah' untuk menikmati keagungan alam ciptaan Sang Pencipta.  Di obyek wisata gunung berapi aktif ini, pelancong akan disuguhi pemandangan luar biasa dengan petualangan yang tak terlupakan. 

Gunung Kaba atau lebih di kenal dengan Bukit Kaba, terletak di Desa Sumber Urip Kecamatan Selupuh Rejang Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. Bukit Kaba mempunyai ketinggian sekira 1.938 Mdpl. 

Perjalanan menuju Bukit Kaba dapat ditempuh dari arah barat atau Kota Bengkulu sekira 95 kilometer (KM), dengan memakan waktu sekira 3 jam perjalanan, dengan melintasi jalan lintas tengah (Jalinteng) Bengkulu - Sumatera Selatan. 

Untuk mencapai puncak Bukit Kaba, pendaki bisa menggunakan kendaraan roda empat untuk menuju pos Penjagaan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata), yang berjarak sekitar 6 Km dari simpang Desa Sumber Urip.  

Jalur pendakian menuju puncak pun dapat ditempuh melalui dua jalur. Yakni, jalur aspal yang dapat ditempuh melalui kendaraan roda dua. Namun, kondisi jalan di jalur ini 'amazing'. 

Sementara jalur lainnya, melewati jalur hutan yang biasa disebut pintu rimba. Meski jalan setapak dan terjal. Pendaki akan disambut aliran sungai yang tak begitu deras serta disambut kicauwan burung-burung dan suasana sejuknya hutan.

Pendaki atau wisatawan yang ingin menuju puncak atau top Bukit Kaba, hanya membutuhkan waktu sekira 2 jam perjalanan. Dimana dalam perjalanan tersebut pendaki akan melihat medan yang cukup ''ekstrem''. Kondisi tersebut ditandai dengan adanya tebing yang menjulang tinggi. Salah satunya, 'Tebing Cengeng'', yang kemiringannya nyaris mencapai 90 derajat.  

Untuk menikmati pemandangan yang menajubkan diatas puncak bukit kaba. Pendaki pun mesti menaiki anak tangga yang jumlahnya mencapai ratusan anak tangga oleh pendaki anak tangga itu diberinama ''Tangga Seribu''.

Dari atas puncak ini, wisatawan akan takjub dengan pemandangan kawah hidup yang masih mengeluarkan asap pada kaldera yang menganga tersebut dengan bau belerang yang khas tersebut. Tentu saja moment tersebut merupakan moment yang sangat indah untuk diabadikan.

Tidak hanya itu, di puncak Bukit Kaba terlihat batuan besar menghiasi dinding kawah hidup tersebut. Bahkan, sejauh mata memandang maka pelancong akan menikmati pemukiman peduduk  Kabupaten Rejang Lebong serta Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan.(**)

Menikmati Keindahan Alam dari Atas Puncak Gunung Berapi Bukit Kaba Menikmati Keindahan Alam dari Atas Puncak Gunung Berapi Bukit Kaba Reviewed by demonfajri okezone on April 22, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.