Petualangan Seru Menuju Air Terjun Lubuk Muheng

Air Terjun Lubuk Muheng
 BENGKULU - Wisata Alam di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tak kalah menariknya dengan kabupaten lain di Indoensia. Salah satunya, obyek wisata air terjun dua tingkat Lubuk Muheng, di Desa Lubuk Talang Kecamatan Malin Deman, Kabupaten Mukomuko. Ketinggiannya, sekira 5 Meter. Untuk menyambangi air Terjun Lubuk Muheng, dari Kota Bengkulu memakan waktu sekira 7,5 jam perjalanan darat. 

Dimana sebelum tiba di lokasi ini pelancong mesti melewati Desa Sibak Kecamatan Ipuh, Kabupaten Mukomuko, dengan jarak tempuh sekira 30 kilometer (KM) atau sekira 3 jam perjalanan darat. Hanya saja, jalan yang masih berbatu bercampur tanah kuning menjadi tantangan tersendiri untuk menikmati destinasi alam di kabupaten ''Kampung Sakti Rantau Betuah'' ini. 

Namun, pelancong tidak akan rugi dengan perjalanan yang ekstra ekstrem ini. Sebab, saat tiba di kawasan tersebut pelancong akan langsung disambut dengan pesona alam yang begitu indah dan masih 'perawan'. Ditambah, air yang dingin dan jernih membuat traveller akan menjadi takjub dengan ciptaan Sang Pencipta. 

Nama air terjun Muheng sendiri bermula adanya batang Muheng atau sejenis pohon pinang yang tumbuh subuh di sekitar lokasi itu. Sehingga air terjun tersebut diberinama oleh masyarakat setempat dengan air terjun Lubuk Muheng, yang melekat hingga saat ini.

Sejak ditemukan sekira tahun 1978, air terjun Lubuk Muheng belum begitu mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat untuk mengembangkan destinasi wisata alam yang dapat menarik wisatawan asal luar Bengkulu. Bahkan, di lokasi air terjun tersebut sempat di survey untuk dijadikan pembangunan PLTA, untuk wilayah Mukomuko dan sekitarnya.(**)


Terima kasih telah membaca artikel Petualangan Seru Menuju Air Terjun Lubuk Muheng.
Petualangan Seru Menuju Air Terjun Lubuk Muheng Petualangan Seru Menuju Air Terjun Lubuk Muheng Reviewed by demonfajri okezone on March 18, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.