Menyambangi Pantai Tempat Lokasi Persinggahan Penyu

Pantai Air Hitam
BENGKULU - Menikmati suasana alam di Provinsi Bengkulu, tak akan ada habisnya. Bagaimana tidak? 'Bumi Rafflesia' begitulah sapaan akrab untuk Provinsi Bengkulu ini memiliki pesona alam tak kalah ketinggalan untuk disambangi. Sebab, setiap kabupaten dan kota di Bengkulu memiliki berbagai pesona obyek wisata. Seperti halnya di Kabupaten Mukomuko. 

Ya, kabupaten yang terletak dibagian ujung barat Provinsi Bengkulu atau kabupaten yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Barat ini, memiliki obyek wisata yang sayang ditinggalkan. Obyek wisata itu Pantai Air Hitam, di Desa Sinar Laut Kecamatan Pondok Suguh.

Untuk menyambangi destinasi pantai ini, dapat ditempuh dengan jalur darat. Baik kendaraan roda dua maupun roda empat, dengan jarak tempuh sekira 200 km dari Kota Bengkulu atau memakan waktu sekira 5 jam perjalanan. 

Lantas apa keistimewaan pantai Air Hitam?. Di wilayah pantai Air Hitam ini merupakan lokasi tempat pendaratan berbagai jenis penyu. Mulai dari penyu lekang (Lepidochelys Olivachea), penyu hijau (Chelonia Mydas) dan penyu belimbing (Dermochelys Coriacea) serta jenis penyu lainnya. 

''Dari dulu sampai sekarang tepian pantai Air Hitam ini jadi lokasi tempat pendaratan penyu untuk bertelur,'' kata perangkat desa setempat, Hosiman, beberapa waktu lalu.

Pantai yang masih alami ini masih ditumbuhi pepohonan cemara yang tumbuh subur. Tidak hanya itu, disepanjang tepian pantai masih terdapat tumbuhan habitat pantai yang membentang di sepanjang pantai yang memiliki panjang sekira 5 kilometer itu. Bahkan, di areal obyek wisata alam ini masih bersih dari sampah-sampah. Sehingga suasana alam tepi pantai menjadi lebih indah. 

''Obyek wisata ini masih jarang disambangi pengunjung. Makanya pesona alam disini masih indah dan enak untuk dinikmati,'' ajak Hosiman.(**) 
Terima kasih telah membaca artikel Menyambangi Pantai Tempat Lokasi Persinggahan Penyu.
Menyambangi Pantai Tempat Lokasi Persinggahan Penyu Menyambangi Pantai Tempat Lokasi Persinggahan Penyu Reviewed by demonfajri okezone on March 26, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.