Air Terjun Telun Layang, Memukau!

Air Terjun Telun Layang, di Desa Bunga Tanjung 
BENGKULU - Potensi wisata cukup banyak dimiliki oleh Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu. Namun, sayang hingga saat ini belum dikelola secara maksimal. Salah satunya, air terjun Telun Layang, di Desa Bunga Tanjung, Kecamatan Teramang Jaya. 

Untuk mencapai lokasi, dari Kota Bengkulu, pelancong mesti menempuh perjalanan sekira 4,5 jam dengan melintasi jalan lintas barat (Jalinbar) Bengkulu-Sumatera Barat. Tiba di Desa Bunga Tanjung. Dimana dari pusat desa membutuhkan waktu sekitar 30 menit, dengan jalan yang dilalui masih berupa jalan aspal, bercampur batu koral serta tanah kuning, sepanjang sekira 300 Meter.

Untuk mencapai lokasi, sangat dibutuhkan pemandu atau guide karena banyaknya persimpangan di dalam jalur menuju air terjun. Tidak perlu takut, karena di sepanjang jalur terdapat lahan perkebunan masyarakat yang mempermudah menuju lokasi air terjun. 

Air terjun dengan ketinggian sekira 11 meter itu berada dialiran Sungai Air Bikuk itu, terdapat beberapa goa yang sebelumnya menjadi lokasi sarang burung walet. Disini wisatawan dapat menikmati gemericik air terjun dan embun dari terjun bebas kebawah kolam air terjun. Kejernihan air serta kesejukan lokasi air terjun menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung, ke wisata alam itu.  

Sekira tahun 1990, lokasi air terjun telah diketahui warga yang memanen sarang walet di dalam goa sekitar air terjun. Namun, di tahun 2000-an lokasi tersebut menjadi lokasi wisata. Bahkan, tahun 2005 perangkat desa telah mengajukan proposal untuk pengelolaan lokasi wisata air terjun.

Kondisi wisata alam di Bunga Tanjung memang membutuhkan perhatian secara serius dari Pemerintah Kabupaten Mukomuko serta Pemerintah Provinsi Bengkulu, yang nantinya dapat dijadikan pemasukan bagi pemerintah setempat.(**)

Terima kasih telah membaca artikel Air Terjun Telun Layang, Memukau! .
Air Terjun Telun Layang, Memukau! Air Terjun Telun Layang, Memukau! Reviewed by demonfajri okezone on March 18, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.